Auto Draft

Cara Edit Video Youtube untuk Pemula

Youtube merupakan salah satu platform penayangan video terbesar yang ada saat ini. Youtube banyak digunakan oleh orang orang karena kemudahan penggunaannya. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan uang lewat video yang kalian unggah pada platform tersebut.

Meskipun bisa menghasilkan uang. Ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Mulai dari Mencapai 1000 Subscriber dan mendapatkan 4000 Jam tayang. Setelah itu kalian perlu melakukan beberapa verifikasi untuk bisa mengaktifkan monetisasi.

Setelah monetisasi berhasil di aktifkan barulah kalian bisa mendapatkan uang dari sana. Uang tersebut berasal dari setiap penayangan iklan pada video kalian. Semakin banyak orang yang menonton iklan dari video yang kalian unggah maka kalian akan mendapatkan uang yang semakin banyak pula.

Auto Draft

Nah oleh karena itulah ada banyak sekali orang yang mulai menjadi seorang konten creator di platform yang satu ini. Jadi untuk bisa mendapatkan banyak subscriber dan jam tayang ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan.

Mulai dari membuat konten yang menarik hingga melakukan teknik editing video yang membuat video kalian menjadi lebih menarik untuk ditonton.

Oleh karena itulah pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa cara edit video youtube untuk pemula. Jadi bisa tahu juga cara kerja jasa seperti jasa video jogja.

 

Persiapan Pembuatan Video

Nah sebelum masuk ke cara mengedit video seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan untuk bisa mendapatkan banyak penonton. Maka dari itu kita akan membahas mengenai persiapan membuat video terlebih dahulu sebelum nantinya di edit.

1. Ide Konten

Hal pertama yang perlu kalian persiapkan adalah memikirkan ide konten yang akan kalian buat. Usahakan kalian mengupload video dengan satu tema atau jenis yang sama terus menerus.

Misalnya saja kalian membuat konten dengan jenis vlog,games,musik,gadget,animasi,tutorial. Nah maka isi keseluruhan video kalian haruslah sejenis. Hal ini dapat membantu kalian dalam mengembangkan channel kalian lebih mudah.

2. Perekaman

Setelah memikirkan ide konten yang akan kalian buat maka selanjutnya adalah proses perekaman. Dalam proses perekaman pun ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan. Mulai dari persiapan kamera dan juga persiapan mikrofon.

 

Cara Edit Video Youtube Untuk Pemula

Nah setelah kalian mengetahui tentang hal hal yang perlu dipersiapkan dalam proses perekaman maka selanjutnya kita akan lanjut membahas proses editing.

1. Penyuntingan

Hal pertama yang biasanya dilakukan di dalam proses editing adalah penyuntingan. Hal ini dilakukan dengan cara memotong klip video yang sudah direkam dan hanya diambil beberapa bagian pentingnya saja.

Hal ini dilakukan karena terkadang kita lupa akan durasi video yang sudah kita rekam sebelumnya. Oleh karena itulah kita perlu melakukan penyuntingan video tersebut agar nantinya video yang akan diunggah tidak memiliki durasi yang terlalu panjang.

Namun jangan juga mengunggah video yang terlalu pendek. Durasi video yang direkomendasikan adalah antara 10 hingga 20 menit saja.

2. Pemberian Efek Transisi

Selanjutnya setelah memotong beberapa bagian video agar terlihat lebih menarik dan memiliki kesan yang alami maka perlu diberikan efek transisi pada setiap video tersebut.

Ada banyak sekali jenis efek transisi yang biasa digunakan mulai dari zoom in/zoom out,face out,blink, dan beberapa efek transisi lainnya.

3. Penambahan Audio

Beberapa video terkadang perlu diberikan audio supaya tidak membuat penonton bosan. Audio atau suara yang ditambahkan bisa bermacam macam tergantung jenis video yang kalian buat.

4. Pewarnaan

Pewarnaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan pada beberapa video khususnya pada video vlog. Karena dalam video vlog biasanya terdapat banyak hal yang diluar dugaan mulai dari pencahayaan yang berlebihan ataupun kurang dan yang lainnya.

 

Nah itulah beberapa cara edit video youtube untuk pemula yang perlu kalian ketahui. Bila kalian memang tidak ingin ambil pusing kalian bisa menggunakan jasa video jogja yang sudah pasti berpengalaman dan berkualitas.

Related Posts