Auto Draft

Beberapa Contoh Barang Tambang Beserta Manfaatnya

Barang tambang yaitu salah satu dari SDA atau Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai pengguna bahan tambang, kita tidak boleh menggunakan bahan tambang secara berlebihan. Karena apabila sumber daya itu digunakan secara berlebihan, maka kita semua akan kekurangan sumber daya untuk kehidupan selamanya. Mari simak bersama pembahasan berikut ini.

 

Contoh barang tambang migas

Barang tambang migas memiliki arti yakni hasil dari pengolahan minyak bumi dan juga gas alam. Minyak bumi dalam kondisi mentah diolah dengan memisahkan kandungan senyawa-senyawa di dalamnya seperti hidrokarbon berdasarkan titik didih, atau yang biasa disebut dengan distilasi. Contoh barang tambang migas yaitu bensin, minyak tanah, solar dan juga gas alam. 

Bensin

Bensin yakni suatu campuran yang terdiri dari berbagai jenis hidrokarbon cair yang mudah menguap dan juga mudah terbakar. Bensin merupakan bahan alam yang berasal dari minyak bumi serta biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin pembakaran internal. Selain itu bensin juga digunakan sebagai pelarut minyak dan juga lemak.

Auto Draft

Solar

Solar yakni suatu bahan bakar cair yang digunakan untuk mesin diesel, yang mana penyalaan bahan bakar solar ini terjadi tanpa adanya percikan. Hal ini terjadi karena sebagai akibat kompresi campuran dari udara masuk yang kemudian menginjeksi bahan bakar.

Minyak Tanah

Minyak tanah yakni suatu benda cair hidrokarbon yang mempunyai sifat mudah terbakar. Bahan alam ini biasa digunakan sebagai bahan bakar. Selain itu minyak tanah memiliki sifat yakni berwarna kuning pucat atau tidak berwarna dan juga mempunyai bau yang khas yang tidak sedap. Kondisi seperti ini diperoleh dari minyak bumi dan juga pada saat digunakan untuk pembakaran seperti di lampu minyak tanah dan tungku pada rumah tangga, serta dapat digunakan sebagai pelarut untuk menghalau insektisida.

Gas Alam

Gas alam yakni suatu campuran dari gas hidrokarbon yang terbentuk secara alami yang mana gas alam terdiri dari metana, namun biasanya juga terdiri dari sejumlah alkana lain yang lebih tinggi, serta terkadang sebagian kecil dari nitrogen, karbon dioksida, hidrogen sulfida, atau helium.

Gas alam yakni hidrokarbon tak terbarukan yang biasanya digunakan untuk sumber energi memasak, pemanas, dan juga pembangkit listrik. Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dan bahan baku kimia dalam pembuatan bahan kimia organik penting komersial dan plastik.

Baca Juga: daftar perusahaan barang tambang nikel atau indonesia nickel mining di Indonesia

Contoh barang tambang non migas

Barang tambang non migas yakni suatu barang yang dihasilkan dari aktivitas tambang selain tambang minyak bumi dan juga gas. Contoh barang tambang non migas antara lain, batu bara, besi, tembaga, dan sebagainya.

Batu bara

Batu bara yakni sumber daya alam atau SDA jenis bahan bakar fosil yang berbentuk dari batuan sedimen yang mudah terbakar. Batu bara biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan semen dan baja, sumber energi pembangkit listrik, dan juga sebagai bahan bakar industri serta rumah tangga. 

Besi

Besi yakni bahan tambang berbentuk butiran pasir. Besi tersusun dari unsur Ferrum (fe) yang apabila diolah, akan sangat berguna untuk manusia, seperti sebagai bahan baku membuat perkakas rumah tangga, proses pembangunan gedung, pembuatan rumah, dan pembuatan baja.

Tembaga

Tembaga yakni jenis logam yang bisa menghantarkan panas serta listrik dengan baik, sehingga sering dimanfaatkan sebagai peralatan dalam kelistrikan. Selain itu, tembaga juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan suku cadang, industri konstruksi, pipa air, dan pembuatan kuningan. 

 

Gunakanlah sumber daya alam dengan bijak, karena sumber daya alam akan menjadi boomerang jika kita tidak bijak dalam menggunakannya.

Artikel Lainnya  : Manfaat Nikel dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari hari